MENUJU SEHAT DENGAN TERAPI REFLEKSI DAN RAMUAN TRADITIONAL WARISAN LELUHUR BANGSA INDONESIA

MENUJU SEHAT DENGAN TERAPI REFLEKSI DAN RAMUAN TRADITIONAL WARISAN LELUHUR BANGSA INDONESIA
MENUJU SEHAT DENGAN TERAPI REFLEKSI DAN RAMUAN TRADITIONAL WARISAN LELUHUR BANGSA INDONESIA
PENDAHULUAN

Di zaman yang serba modern dan canggih ini, hampir semua fasilitas kehidupan tersedia. Daya pikir dan kreativitas manusia pun telah semakin maju dan mendorong timbulnya pembaharuan-pembaharuan disegala bidang, terutama dibidang teknologi seiring dengan kemajuan dibidang teknologi ini, ilmu kedokteran pun mengalami perkembangan yang pesat. Penyakit-penyakit yang dulu terdengar sebagai momok yang menakutkan seperti kanker, stroke, hipertensi, dan ganguan liver kini telah diketemukan alternative pengobatannya.
Kemajuan dalam bebagai ini juga menyebabkan manusia terlibat dalam gaya hidup modern. Gaya hidup modern ini menyebabkan manusia semakin kekurangan waktu untuk memperhatikan kondisi tubuhnya. Ditengah tingkat kesibukan dan persaingan ekonomi yang semakin tinggi, mereka tidak menyadari bahwa kondisi fisiknya terus menurun. Hal ini terus diperburuk oleh pola makan yang tidak teratur, polusi udara, stress dan sebagainya, pola makan yang dulu sehat kini telah bergeser kepola makan cepat siap saji, yang menunya cenderung banyak lemak dan kurang serat sehingga memungkinkan timbulnya berbagai penyakit.
Penyakit yang terlanjur menyerang tentu saja harus segera diatasi. Berbagai alternative pengobatan pun harus segera dijalani. Dalam hal ini, pengobatan medis menjadi pilihan utama bagi sebagian masyrakat modern. Namun, masalah yang masih memprihatinkan di Negara berkembang seperti Indonesia adalah tidak semua kalangan masyrakat mampu menjalani pengobatan medis. Ini bisa dimaklumi mengingat biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Akhirnya, untuk mengatasi penyakitnya, masyarakat yang tidak mampu kedokter harus cukup puas berobat kedukun atau mantra dengan peralatan yang sangat sederhana.
Untuk memenuhi kebutuhuan masyrakat di bidang kesehatan, seiring dengan perkembangan dunia medis, pengobatan traditional mengalami banyak kemajuan. Ini terbukti dengan banyaknya ilmuan yang mengangkat pengobatan traditional ke berbagai forum ilmiah. Kini tumbuhan berkhasiat dari bumi Indonesia yang sudah diolah telah dikenal luas oleh berbagai kalangan, walaupun sebenarnya pengobatan traditional ini sudah dikenal jauh sebelum pengobatan medis ini ada di dunia. Pengobatan ini diakui sebagai pengobatan alternative yang sangat efektive, efisien, aman dan ekonomis. Selain pengobatan traditional dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan, dikenal juga pengobatan dengan cara terapi refleksi telapak kaki dan terapi refleksi telapak tangan dengan titik-titik aqupuntur.
Pada telapak tangan terdapat sejumlah titik-titik refleksi aqupuntur yang berhubungan dengan organ-organ tubuh. Titik-titik atau daerah refleksi disebut dapat menimbulkan efek penyembuhan dan pencegahan terhadap suatu penyakit melalui perangsang atau penekanan pada area atau daerah refleksi satu daerah refleksi memiliki indikasi terhadap lebih dari satu penyakit
Refleksi diambil dari kata ‘refleks’ yang merupakan suatu istilah yang mengandung makna “gerak yang tak disengaja” atau “gerak otomatis”. Sedangkan terapim bermakna pengobatan atau usaha untuk memulihakan kesehatan orang sedang sakit. Jadi, makna terapi refleksi secara harfiah adalah pengobatan secara sepontan atau tak sengaja.
Dalam terapi refleksi ini ada suatu gerak yang dapat mempengaruhi ha-hal yang berada di luarnya secara otomatis. Sehubung dengan itu, terapi refleksi telapak tangan berarti pengobatan yang dilakukan melalui suatu gerakan pada telapak tangan.
Dalam kaitannya dengan refleksi, dikenal adanya daerah, area atau zona refleksi. Sebenarnya zona refleksi ini terdapat diseluruh tubuh tapi lazimnya terdapat dikaki dan tangan, terutama pada telapaknya. Zona atau daerah refleksi ini merupakan titik pusat urat saraf, dimana titik-titik tersebut berkaitan erat dengan dengan organ-organ tubuh tertentu. Apabila daerah tersebut dipijat, sirkulasi darah pada organ yang bersangkutan menjadi lancar. Jika sirkulasi darah lancar, tubuh akan sehat.
Setiap organ tubuh memerlukan untuk melangsungkan fungsinya secara normal. Darah tersebut membawa zat gizi dan oksigen yang diperlukan oleh tubuh. Disamping itu, darah juga membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa dalam tubuh. Bila sirkulasi darah lancar, tubuh akan terasa segar dan sehat. Sebaliknya bila ada sisa kotoran –misalnya kotoran dari hasil proses pencernaan yang diakibatkan masukan makanan yang berlebihan seperti kolesterol berlebihan___yang mengendap dalam darah. Tubuh akan mengalami ganguan selain itu organ tubuh akan terhambat dan mendapat makanan bila kotoran terlambat dibersihkan. Lama-kelamaan kotoran tersebut akan mengendap sehingga fungsi darah akan terganggu dan terjadilah suatu penyakit. Dalam hal ini telapak tangan dapat menjadi alat di agnosis suatu penyakit yang sifatnya komplikatif karena dapat menunjukkan adanya ganguan fisiologis dalam tubuh.
Dalam memanfaatkan terapi refleksi telapak tangan, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM TERAPI REFLEKSI
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam melakukan terapi refleksi telapak tangan:
1. Pada telapak tangan terdapat area-area refleksi yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh, diantaranya: daerah ginjal, paru-paru, maag, usus, usus 12 jari, jantung, lambung dan tenggorakan. Misalnya, jika ginjal mengalami suatu ganguan, areal refleksi ginjal akan terasa sakit dan tidak enak bila ditekan.
2. bila seseorang terserang suatu penyakit, baik disadari atau tidak, terjadi perubahan warna dan elastisitas telapak tangan.
3. terapi tidak boleh dilakukan dalam keadaan tegang karena dalam keadaan tegang otot-otot dan urat-urat saraf juga tegang sehingga terapi tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Lebih baik terapi dilakukan ketika dalam keadaan rileks.
4. terapi tidak boleh dilakukan dalam keadaan mabuk, kelelahan atau dalam keadaan kenyang( sehabis makan).
5. jika ingin melakukan terapi refleksi sehari dua kali, selang waktunya harus lebih dari 6jam.
6. sebelum memulai terapi telapak tangan, terlebih dahulu sediakanlah sekotak tusuk gigi. Pisahkan 5 sampai 8 tusuk gigi dan rapikan ujungnya yang runcing, lalu bagian yang tumpul diikat kencang dengan karet gelang. Persedian tusuk gigi yang cukup banyak itu berguna sebagai cadangan pemakaian kalau tusuk gigi yang telah dipakai telah agak rusak. Selain dengan tusuk gigi, terapi bisa dilakukan dengan mengunaka kuku jari tangan alat elektronik. Namun dengan tusuk gigi, terapi ini akan jauh lebih praktis, ekonomis, dan hasilnya lebih optimal.
7. duduklah dengan posisi santai dan tariklah nafas dalam-dalam sebanyak dua sampek tiga kali agar fikiran terkonsentrasi. Telapak tangan dalam posisi datar dan rileks. Pada prinsipnya, rangsangan dilakukan pada satu telapak tangan, kiri atau kanan. Namun, jika kedua tangan di rangsang secara bergantian, khasiatnya akan lebih baik.
8. terapi dilakukan dengan tusuk gigi dalam posisi vertical atau tegak lurus. Perangsang atau penekana di mulai dari bagian di cemaskan. Untuk mengetahui dalam daerah refleksi yang berkaitan dengan organ tubuh dan suatu penyakit, dapat dilihat pada petunjuk gambar pada halaman 8-9. misalnya, jika dirasakan ganguan pada usus, perangsang bisa dimulai dari area usus kalaupun boleh juga dimulai dari daerah lain yang di curigai sakit. Namun, dirasakan agar perangsangan yang berhubungan dengan jantung dilakukan pada tahap akhir.
9. mula-mula penekanan dilakukan perlahan-lahan, kemudian meningkat agak keras sampek kulit telapak tangan memerah dan agak sakit. Pada mulanya setiap bagian dapat ditekan 1-2menit. Setelah agak terbaiasa bisa dilakukan kira-kira 5 menit sesuai dengan kondisi tubuh.
10. terapi refleksi pada penyakit dalam yang sudah parah baru dapat dilakukan setelah penyakitnya sembuh pengobatan refleksi harus dihentikan apabila suhu badan mencapai 38 derajat celcius.
Efek pelaksanaan refleksi ini dapat dirasakan keesokan harinya. Jika pada pagi hari tubuh terasa segar bugar dan tidur malamnya terasa nyenyak, berarti terapi refleksi yang di lakukan sudah tepat. Sebaliknya, jika tubuh terasa masih sakit, pegal-pegal, dan tak bersemangat berarti daerah refleksi yang dilakukan tidak tepat atau penekanan terlalu kuat dan lama. Bila terjadi kondisi demikian, sebaiknya hentikan terapi dalam sehari. Kemudian dicoba lagi pada hari berikutnya. Kondisi tubuh yang prima merupakan faktor penunjang untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
Terapi ini perlu dilakukan terus menerus selama 10-12 hari. Setelah itu, beristirahatlah selama 3-4 hari agar khasiat terapi optimal. Penyakit yang lebih kronis memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 2-3bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Terapi refleksi ini berkhasiat meredakan rasa sakit dengan cepat. Namun, untuk penyembuhan diperlukan ketekunan setiap hari selama batas waktu penyembuhan, dengan memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Selama menjalani terapi, janganlah sekali-kali mengabaikan gejala-gejala sakit yang dirasakan oleh tubuh. Gejala tersebut harus segera dihilangkan dan terapi refleksi telapak tangan merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit bertambah parah.
TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN UNTUK PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN SARAF DAN DARAH

SAKIT KEPALA
sakit kepala merupakan penyakit yang sangat umum diderita setiap orang. Jika penyakit ini dating, kepala terasa berdenyut seakan mau pecah. Aktivitas yang dilakukan jadi terganggu akibat sakit kepala, bahkan ada yang terlalu sering merasakannya. Ini bisa dimaklumi mengingat sakit kepala bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta bisa disebabkan oleh banyak hal, meskipun sebagian besar keluhan disebabkan oleh stres.
Sakit kepala terjadi karena adanya kontraksi pada otot-otot kepala, mulai dari leher, tengkuk, menyebar ke atas kepala sampai dahi. Rasanya seolah-olah ada benda berat yang membenani kepala. Rasa sakit ini sering terpusat diatas kedua mata.
Kepala memang merupakan bagian tubuh yang sensitive. Kalau sudah menyerang, sakit kepala bisa bertahan lama selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Namun sejauh ini sakit kepala masih sulit diidentifikasi penyebabnya.akan tetapi dilihat dari kehidupan sehari-hari dapat diketahui bahwa penyebab sakit kepala antara lain adalah menu makan yang tidak seimbang atau kurang gizi, kurang olah raga, terlalu banyak mengkonsumsi alcohol dan terlalu banyak bekerja serta berfikir. Semua ini dapat menyebabkan sakit kepala yang membandel.
Selain semua hal tersebut diatas, ketidakseimbangan fungsi organ-organ tubuh juga bisa merupakan penyebabnya. Ketidakseimbangan itu terjadi karena terganggunya pemasukan dan pengeluaran zat-zat makanan dalam waktu tubuh tertentu. Bila pemasukan makanan atau gizi kedalam tubuh tidak seimbang dengan tenaga dan fikiran yang dikeluarkan, tidak akan ada tekanan yang menganggu yang dapat meneruskan rasa sakit kepala.
Cara pengobatannya
1. cari daun ananta 5 atau 4 lembar, gosok-gosokanlah daun ananta tadi di kening kepala anda, sekitar 1-2menit
2. 15 gram jahe dan gula merah secukupnya direbus dengan air 400cc atau sekitar 5 gelas hingga menjadi 200cc atau sekita 2 gelas kemudian minum airnya hangat-hangat.
3. 15 gram daun teratai kering dan 15 gram daun sendok di rebus dengan air secukupnya kemudian air rebusannya diminim hangat-hangat.
4. bawang putih secukupnya di haluskan lalu diseduh dengan air panas secukupnya. Setelah disaring airnya diminum hangat-hangat.
5. kayu manis, cengkeh, biji pala dan merica masing-masing secukupnya dijadikan bubuk lalu diseduh dengan air panas secukupnya. Setelah disaring, airnya di minum hangat-hangat.
MIGRAN
Migrant merupakan bentuk sakit kepala yang lebih berat dan dapat melemahkan tubuh. Biasanya orang mengalami muntah-muntah, diare dan ganguan penglihatn. Umunya terasa sakit hanya disatu sisi kepala, bisa kiri, dikanan atau dibawah kepala.
Rasa sakit kepala pada migrant disebabkan oleh melebarnya pembuluh-pembuluh darah dari otak bagian bawah. Sakit kepala ini terjadi banyak pada orang yang berusia 20-30 tahun dan sering kali kambuh kembali pada usia 50 tahun. Migrant biasanya terkait dengan depresi, kegelisahan, ganguan mata, stress, makanan, ketegangan menjelang menstruasi atau kelainan ruas tulang belakang.
Penyakit lain yang dapat menimbulkan sakit kepala migran juga cukup bervariasi, diantaranya sakit gigi, infeksi, hipertensi, masuk angina, flu dan tumor otak. Semua jenis penyakit ini berhubungan dengan pembuluh-pembuluh darah dan otot-otot dikepala sehingga salah satu penyakit ini telah diderita, sakit kepala dan migrain akan mudah menyerang. Jadi dapat disimpulkan bahwa reaksi sakit kepala sebenarnya merupakan suatu aspek dari seluruh fungsi tubuh yang tidak teratur.
LANGAKAH-LANGKAH PRAKTIS
Walaupun banyak yang menyebabkan migrain dan sakit kepala, jenis penyakit ini dapat diatasi atau paling tidak dikurangi dengan langka-langkah praktis.
Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meredam sakit kepala:
1. Lakukanlah relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dengan metode bergerak, merentang dan bernafas. Gerakan ini bisa dilakukan sebagai pencegahan. Dengan melakukan relaksasi ini, sehingga aliran darah lancar sehingga otot-otot akan mengendor.
2. memijat kulit kepala. Pemijatan dapat dilakukan dengan cara memejamkan mata, ambil nafas dalam-dalam, dan mengendorkan rahang. Gunakan jari-jari untuk memijat kepala mulai dari dahi kearah belakang kepala.
3. olah raga. Berolah raga sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pilihlah olah raga yang tidak terlalu keras. Bersepeda dan berenang merupakan laternative yang baik.
4. konsumsi makanan dan minuman yang bernilai gizi seimbang. Dengan demikian tubuh takkan kehilangan energy dan sakit kepala tidak akan menyerang.
5. jika sakit kepala di sebabkan oleh penyakit tertentu, atasi rasa sakit itu dengan minim obat untuk mengatasi penyakit tertentu itu sesuai dosis sehingga sakit kepala akan hilang dengan sendirinya.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN
Selain hal tersebut diatas, dianjurkan untuk melakukan terapi refleksi telapak tangan. Area refleksi yang efektif untuk sakit kepala disisi kiri dan kanan jari tengah, dibagian telinga kiri dan telinga kanan, serta ubun-ubun. Dapat pula dilakukan perangsangan pada titik refleksi berdasarkan penyakit tertentu yang menyebabkan sakit kepala, seperti limpa, tekanan darah tinggi, mata kiri, ,mata kanan, dan tekanan darah rendah.
Jika sakit kepala yang dialami tak kunjng sembuh dalam jangka waktu yang lama, segera periksalah kedokter.

Pundak pegal
Pundak pegal sering dialami oleh mereka yang memasuki usia setengah baya.namun ,dewasa ini , pundak pegal dialami juga oleh orang dewasa dan anak-anak. Pada kondisi ini,terasa nyeri yang menggigit-gigit di sertai gelombang-gelombang rasa sakit yang sulit di ungkapkan. Rasa pegal ini dapat dirasakan selama beberapa jam atau beberapa hari.
Pundak pegal timbul ketika otot-otot meregang. Meregangnya otot-otot pundak biasanya disebabkan oleh kegiatan sehari-hari yang dilakukan tidak benar, misalnya duduk terlalu lama, mengangkat sesuatu yg berat, terlalu banyak membaca atau banyak menggunakan refleksi mata, kurang berolah raga, dan makan berlebihan.
Ketegangan dan masalah emosi dalam kehidupan juga mempengaruhi terhadap pundak yang pegal. Dalam kenyataan, kecemasan dan kelelahan dapat menyebabkan ketegangan otot yang akan menjalar ke pundak dan leher.
Bagi penderita yang berusia 50 tahun, pundak pegal dan keluhan pundak banyak disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar pada leher dan pundak. Ini adalah masalah yang cukup menonjol bagi yang berusia 50 tahun. Selain itu, juga disebabkan terlalu banyak bergerak mengerakkan pundak atau karena terlalu jarang mengerakkan pundak
Pundak yang pegal secara langsung atau tidak tentu mengangu aktivitas oleh karena itu, jangan biarkan pundak pegal berkepanjangan dan sebaiknya lakukan tindakan pencegahan.

PENCEGAHAN
Langkah pencegahan pundak pegal sangat berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, penting diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari tersebut, yaitu dengan memulainya secara benar sebaimana berikut ini:
1. bekerjalah dengan posisi yang nyaman. Jika bekerja dengan posisi yang duduk jangan berada pada posisi yang tegang sekali-kali, gerakkan tubuh untuk mengendorkan otot-otot tubuh begitu juga sikap berdiri.
2. jangan terlalu memforsir mata. Karena kelelahan mata merupakan salah satu penyebab pundak pegal jika mata lelah, alihkan pandangan ketempat lain atau memejamkan mata kuat-kuat, kemudian bukaklah mata perlahan-lahan.
3. lakukan olah raga secara teratur. Setelah berolah raga, tubuh akan terasa rilexs. Ini berarti stress yang dialami ditengah rutinitas sehari-hari akan berkurang sehingga pundak pegal dapat di cegah.
4. harus diingat bahwa lama tidak bergerak akan membuat otot-otot kaku. Jika tak sempat berolah raga, lakukakan gerakan ringan terutama gerakan pundak dan leher dengan arah memutar. Lakukan juga gerakan lainnya, misalnya dengan cara menaikan turunkan pundak berulang kali.
PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN
Jika mengalami pundak pegal, terapi refleksi telapak tangan dapat dilakukan untuk mengatasinya. Area refleksi untuk pundak terletak di bagian pangkal telunjuk dan kelingking yaitu pada titik lelah, kelelahan, lengan kanan, dan lengan kiri jika bagian liver dan saluran lever terasa tidak enak, bagian ini dapat dirangsang sekaligus.
Cara pengobatannya:
1. 200 gram umbi jalar merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulogo, 1 ibu jari kayu manis, satu butir biji pala, 10 butir merica dan 25 gram jahe merah direbus dengan 1 ½ liter air sehingga tersisa ½ liter kemudian air rebusannya di minum hangat-hangat dan ubinya dapat dimakan.
2. 30 gram daun dewa segar, 30 gram akar sawi langit, 25 gram temu lawak dan 15 gram jahe direbus dengan air secukupnya kemudia diminum hangat-hangat lakukanlah secara teratur.
3. 15 gram akar pacar air segar, 15 gram akar sawi langit, dan 15 gram jahe merah direbus dengan air secukupnya setelah itu, air rebusannya diminum hangat-hangat.
4. 1 ibu jari jahe merah yang masih segar, dan akar pohon kaktus lidi 1 batang aja di potong sekitar 5 cm sebanyak 3 buah saja, di tumbuk jadi satu lalu oleskan seperti salep.

TEKANAN DARAH TINGGI
(HIPERTENSI)
Sejak dulu sampai kini hipertensi tetap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang, terlebih bagi yang telah memasuki usia 40 tahun keatas. Namun penderita hipertensi bukan hanya mereka yang berusia 40 tahun, mereka yang berusia 20 tahun pun ada yang menderita hipertensi, bahkan ada juga penderita yang berusia dibawah 20 tahun. Semua ini berkaitan dengan gaya hidup.
Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi yang ukurannya melebihi 140/90 mm Hg. Gejala yang sering timbul adalah pusing , muka merah, sakit kepala, hidung berdarah dan tengkuk terasa pegal.
Tekanan darah tinggi dapat berakibat merusak ginjal, jantung, menyebabkan pendarahan pada selaput bening/retina mata dan yang paling menakutkan adalah pecahnya pembuluh darah otak sehingga menyebabkan kelumpuhan dan kematian.
Hipertensi di bagi menjadi dua golongan yaitu: (1) tekanan darah tinggi yang tidak diketahui sebabnya yang disebut tekanan darah “esensial” atau tekanan darah primer dan (2) tekanan darah yang timbul sebagai akibat penyakit lain seperti ganguan ginjal, hiperteroid kelainan pembuluh darah besar(aorta) atau karena obat-obatan tertentu dan disebut juga tekanan darah tinggi sekunder.
Penyebab hipertensi juga dapat dibedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, faktor bawaan, dan stress. Berdasarkan usia dan seiring dengan pertumbuhan manusia, tekanan darah semakin meningkat. Tekanan darah pada bayi cenderung rendah dan mulai meningkat pada masa kanak-kanak. Kemudian akan meningkat lebih nyata pada masa pertumbuhan dan pematangan fisik diusia remaja, sehingga di usia dewasa sampai usia lanjut, tekanan darah mencapai ukuran tertentu. Di usia lanjut, jika pola makan dan gaya hidup yang dijalani tidak teratur, kemungkinan besar tubuh akan mudah terserang hipertensi. Jenis kelamin juga dapat berpengaruh,. Tekanan darah tinggi ini cenderung lebih banyak dialami kaum pria. Alasannya, selain pria lebih aktif, pria juga terbaisa merokok. Nikotin dan zat lain dalam rokok memperbesar resiko terkena hipertensi. Orang yang alkoholik lebih tinggi kemungkinan mengidap hipertensi.
Selain itu, atara berat badan dan darah tinggi terdapat hubungan yang cukup erat. Biasanya orang kelebihan berat badan juga menderita hipertensi. Memang tidak semua orang yang lebih berat badan menderita tekanan darah tinggi, namun kedua hal tersebut cenderung terjadi bersamaan. Pada usia lanjut, kelebihan berat badan ini juga penyebab penyakit lainnya.
Faktor lain yang menyebabkan hipertensi adalah faktor bawaan atau turunan. Faktor ini ikut menentukan tekanan darah seseorang. Jika salah satu orang tua menderita darah tinggi, kemungkinan anaknya mengalami tekanan darah tinggi.
Faktor yang dapat mempengaruhi hipertensi adalah stress. Stres merupakan pemicu timbulnya berbagai penyakit, termasuk hipertensi. Stres dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu pendek dengan cara mengaktifkan bagian otat dan sistem saraf yang biasanya mengendalikan tekanan darah secara otomatis.
Tekanan darah tinggi yang berat akan menimbulkan stroke. Stroke ini timbul akibatnya pecahnya pembuluh darah kecil didalam otak. Biasanya penderita strok akan mengalami kelumpuhan pada satu sisi tubuh. Kelumpuhan ini dapat menetap sementara maupun permanent disertai gangguan kemampuan bicara, penglihatan, keseimbangan tubuh dan perasaan. Serangan stroke ini merupakan lamjutan dari hipertensi namun bisa juga sebagai pertanda awal adanya serangan darah tinggi.
Sebelum terjadi komplikasi stroke dan kematian jaringan jantung dan sebaiknya perhatikan kondisi tubuh, terutama bagi yang telah dewasa dan berusia lanjut.

PENCEGAHAN

Ada beberapa cara untuk mengusahakan agar tekanan darah menjadi normal. Tentu saja dapat dilakukan pencegahan berdasarkan penyebabnya. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk melakukan petunjuk-petunjuk ini:
1.usahakan berat badan dalam keadaan normal.jika memang terlalu gemuk, kurangi berat badan akan membantu tekanan darah menjadi normal. Untuk mengendalikan berat badan, jauhi makanan berlemak atau berkolesterol tinggi. Hindari pemakaian garam yang banyak atau lebih, baik tidak usah memakai garam sama sekali. Mengkonsumsi buah-buahan berserat sangat baik bagi pencernaan dan tekanan darah.
2.menjauhi rokok dan alcohol akan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang berakibat fatal. Jika telah kecanduan, kurang porsinya setiap hari. Kalau hari ini menghisap 6 batang rokok dan minum alcohol 6 gelas, besok turunkan menjadi 5 batang rokok dan 5 gelas alcohol. Begitu seterusnya sampai kebiasan itu benar-benar hilang. Rokok dan alcohol bisa diganti dengan permen dan minuman yang lain tidak berakohol.
3. jika orang tua mengidap hipertensi, ada baiknya rajin mengecek tensi darah secara teratur dan lakukan tindakan pencegahan lainnya.
Untuk menghilangkan stress yang berlebihan, lakukanlah teknik relaksasi dengan cara berbaring ditempat yang sejuk dan tenang. Tidurlah dengan posisi terlentang dengan kedua tangan disamping. Tutuplah mata dan pusatkan perhatian pada tubuh, kemudian embuskan nafas perlahan-lahan. Jangan gunakan obat penenang untuk menghilangkan stress karena hanya menyebabkan ketergantungan.
PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN
Area refleksi yang efektif untuk hipertensi terletak disisi kiri jari tengah pada zona ginjal kiri dan zona kanan. Lakukanlah juga perangsangan pada titik jantung bagian kanan, jantung bagian kiri, anak ginjal kanan, anak ginjal kiri dan tekanan darah tinggi serta titik akupuntur shixuan yang terletak di ujung-ujung jari. Refleksi dilakukan secara rutin setiap hari. Dengan demikian tensi darah yang tinggi dapat dikendalikan perlahan-lahan.

CARA PENGOBATANNYA

-100-150 gram seledri kecil dijus/diblender tanpa air kemudian diminum. Lakukanlah 2 kali sehari, sekali minum satu sendok makan.
-10 gram jamur putih kering ( direndam hingga lembut), 10 gram jamur kuping hitam, 20 gram jamur hioko dan 10 gram rumput laut che chai direbus dengan air secukupnya kemusian airnya diminum hangat-hangat dan bahan tersebut dapat dimakan.
-tahu dan tempe secukupnya, 75 gram seledri dan 30 gram rumput laut che chai dimasak secara di tumis, setelah dimasak, makan hangat-hangat.
– satu buah mentimun din jus lalu di campur dengan juz seledri secukupnya kemudian diminum. Lakukanlah 2-3 kali sehari.

Ini jamu buat yang terlanjur stroke
-1 rimpang bunga dan buah blimbing uluh direbus, airnya 4 gelas menjadi 2 gelas, 1 gelas I minngu minum pagi dan sore separoh gelas saja.
-3 rimpang akar alang-alang direbus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas air minum airnya setengah gelas-gelas setiap pagi dan sore lakukanlah selama 1 minngu.
-1 bongkah bayam merah berduri direbus dengan dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas minum selama 3 hari.

TEKANAN DARAH RENDAH
( HIPOTENSI)
Tensi darah rendah bukanlah suatu penyakit yang fatal karena ada banyak cara untuk memulihkannya. Namun, hal ini seringkali menimbulkan masalah karena penderitanya sering mengalami pusing, terlihat kurus, pucat dan lemah
Kondisi demikian tentu saja akan membuat buruk penampilan. Yang melihatnya akan berkesimpulan bahwa orang itu berpenyakitan, padahal dirinya hanya mengalami darah rendah dan tidak menidap penyakit apa-apa.
Penderita darah rendah biasanya akan mudah jatuh pingsan, apalagi jika berada dibawah panas matahari. Pingsan juga dapat terjadi jika penderita berdiri terlalu lama atau jika emosi memuncak dan diliputi rasa takut. Kecenderungan untuk pinsan akan berkurang dengan tambahnya usia.

PENYEBABNYA
Tekanan darah rendah timbul karena fungsi peredaran darah yang agak lemah sehingga aliran darah tidak lancar mengalir ke ujung pembuluh darah. Aliran darah tidak lancar mengalir ke ujung pembuluh darah. Aliran darah yang tidak lancar itu umumnya terjadi karena kurangnya zat gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
Tekanan darah rendah juga diakibatkan karena mengalami pendaraha dan stress. Oleh sebab itu, wanita lebih banyak mengidap tekanan darah rendah dibanding pria. Menurut informasi 60 % wanita mengalami gangguan ini.
Gejala penyakit ini antara lain adalah sulit bangun tidur di pagi hari, mudah lelah, pusing setelah mendadak berdiri, telinga berdenging dan tangan terasa dingin, mata berkunang-kunang dan badan linbung. Umumnya penderita tekanan darah rendah lebih kecil beresiko kematian dini, stroke, serangan jantung dan penyakit arteri lainnya. Walaupun demikian sebaiknya jangan abaikan gangguan tekanan darah rendah ini.
MENGATASI TEKANAN DARAH RENDAH

Untuk mengatasi tekanan darah remdah, banyak konsumsi makanan yang bergizi tinggi yang dapat menaikkan tekanan darah. Menyantap hati ayam atau sapi, daging-dagingan, minum susu dapat dengan cepat menaikkan tekanan darah. Tapi jika tekanan darah sudah normal, makanan tersebut harus dikurangi karena, kalau tidak, malah terjadi hipertensi.
Selain itu, dianjurkan melakukan terapi dengan cara sebagai berikut: setelah bangun pagi, kedua telapak tangan saling bepegangan erat-erat dengan merangkul kedua kaki dalam posisi duduk. Bagi penderita darah rendah yang fungsi lambung dan ususnya kurang baik atau tidak ada selera makan, pilihlah makanan yang mudah dicerna. Penyerapan gizi yang cukup harus diperhatikan setiap hari agar energi lebih seimbang untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Untuk menormalkan tekanan darah, selain makanan yang begizi sebiknya rutin melakukan olah raga ringan seperti bersepeda atau jogging. Gerakan yang dilakukan sewaktu berolahraga dapat merangsang lancarnya peredaran darah sehingga tekanan farah secara otomatis akan meningkat.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI REFLRKSI
TELAPAK TANGAN

Untuk menormalkan tekanan darah, terapi refleksi dapat dilakukan dengan merangsang zona refleksi tekanan darah rendah, anak ginjal kanan dan anak ginjal kiri. Titik akupuntur Hegu dan titik akupuntur peningkatan tekanan yang terletak dibelakang telapak tangan dekat pergelangan tangan dapat dikombinasikan dengan terapi refleksi.

MENGATASI TEKANAN DARAH RENDAH
1. 200 gram buah anggur dan 15 gram jahe diblender kemudian di minum airnya. Laukanlah secara teratur
2. 15 gram jahe, 10 butir angco/oco, dan 15 gram kismis direbus dengan air secukupnya kemudian airnya di minum hangat-hangat.

ANEMIA

Penyakit anemia bisa menyerang siapa saja tanpa batas usia. Anak-anak, orang dewasa maupun orang tua atau lamjut usia bisa terserang anemia.
Anemia adalah suatu penyakit dimana kadar hemoglobin dalam darah amat rendah atau dibawah normal. Dalam keadaan ini, darah tak dapat maksimal mengangkut zat asam untuk disampaikan kejantung sehingga menimbulkan gejala pusing, kelelahan, perubahan emosi, sakit kepala, sesak nafas, sulit bangun tidur, jantung berdebar-debar dan lain-lain.
Umumnya, penyebab anemia adalah kekurangan zat besi dan gizi dalam darah. Darah yang kekurangan gizi dan zat besi disebabkan makanan yang dikonsumsi tidak bervariasi. Namun ada beberapa penyakit lain yang menyebabkan anemia yaitu lever, TBC, otot peranakan bengkak dan sebagainya. Selain itu, anemia juga disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan asam folat.
Pada kaum wanita, anemia sering disebabkan oleh darah yang terlalu banyak keluar saat haid dan melahirkan, disamping kekurngan zat besi. Wanita yang mengalami haid biasanya kehilangan 2 kali zat besi dari pada pria atau wanita yang tidak haid. Dalam masa kehamilan, wanita akan lebih banyak mengalami kehilangan zat besi karena bayi yang tumbuh dalam rahim seorang wanita ikut memakan zat-zat yang terdapat dalam tubuh ibunya. Juka ibu hamil menderita anemia berat, resiko kematian bagi ibu dan bayi sangat tinggi. Kemungkinan melahirkan secara premature juga lebih besar. Bayi yang melahirkan dari ibu yang menderita anemia nantinya akan lebih mudah mengidap anemia.
Walaupun tidak mengalami haid dan melahirkan, anemia yang diderita kaum pria biasanya disebabkan oleh pendarahan saluran pencernaan akibat dari luka lambung, parasit atau kanker.
Terlepas dari semua hal itu, anemia tetap harus diwaspadai, mengingat anemia bisa diderita siapa saja, terutama bagi yang tidak cukup mengkonsumsi makanan berzat gizi dan mengandung zat besi. Defisiensi zat besi dalam darah dapat mengubah metabolisme sel dan fungsi jaringan dengan menurunnya kadar enzim-enzim yang membutuhkan zat besi untuk aktivitasnya.
Anemia ini dapat menurunkan jumlah oksigen untuk jaringan tubuh seperti otot kerangka, sehingga dampak anemia akan lebih dirasakan oleh pekerja kasar yang banyak menggunakan tenaga fisik. Selain itu, anemia bisa menyebabkan menurunnya kemampuan berfikir dan mudah terjadi infeksi. Akibat lain yang di timbulkan anemia adalah terjadi kerapuhan kuku dan luka-luka pada sudut mulut atau sariawan.

MENCEGAH DAN MENGATASI ANEMIA
Untuk mencegah dan mengatasi anemia sebaiknya makanlah makanan yang bergizi seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung zat besi seperti jerohan ayam, jerohan sapi, makanan yang mengandung kacang kedelai dan telur. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kopi dan teh merah juga sangat baik dikonsumsi karena berkhasiat meningkatkan daya serap zat besi oleh tubuh.
Kaum wanita yang telah menopause harus mengkonsumsi kira-kira 10 mg zat besi setiap harinya. Sedangkan bagi wanita usia subur, dianjurkan mengkonsumsi 15 mg zat besi per-hari. Zat besi tersedia dalam bentuk tablet yang dapat diperbolehkan di apotek-apotek.
Bagi penderita anemia karena kekurangan vitamin B12 dan asam folat, penanggulangannya dapat dilakukan dengan penyuntikan B12 secara teratur. Penyuntikan ini hanya dilakukan oleh Dokter dirumah sakit. Asam folat dapat diberikan dalam bentuk tablet dan dari bahan alamiah seperti hati dan sayuran hijau.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN

Selain memperhatikan hal-hal diatas, terapi refleksi telapak tangan sangat baik untuk mengatasi anemia. Daerah refleksi yang tepat untuk anemia terletak di leve, limpa, anak ginjal kanan, anak ginjal kiri, organ otak (berada pada titik shi xuan jari tengah dan titik shi xuan ibu jari) dan lambung.

MENGATASI ANEMIA

1. 20 gram tanaman patikan kebo segar, 30 gram rumput laut che chai dan hati ayam secukupnya dibungkus dengan daun pisang lalu dipepes. Setelah matang, dimakan.
2. konsumsi 10 butir angco/oco setiap hari secara teratur.
3. bunga sepatu sekitar 7 lembar, 7 lembar daunya dan beliman direbus 5 gelas air menjadi 2 gelas air minum selama 1 minggu, bagi yang mengalami pendarahan mens.
4. 1 buah nanas muda dan tambah garam secukupnya minum selama 1 minggu, untuk melancarkan Haid mens.
5. sering konsumsi bayam merah yang berduri secukupnya, untuk membersihkan darah.
6. daun tapak doro sekitar 11 lembar atau 7 lembar, direbus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas air, diminum selama 1 minggu ½ gelas pagi dan sore, sangat manjur untuk menghentikan pendarah mens.

MENGATASI PENYAKIT DINGIN

Walaupun rasa dingin itu bisa reda dengan sendirinya namun harus segera diatasi. Kalau didiamkan saja, penyakit dingin akan menimbulakan masalah lain. Untuk penyakit ini tidak ada obat dikenal khusus dalam mengatasinya. Namun ada beberapa cara yang sederhana untuk menguranginya, yaitu:
A. gunakanlah pakaian dari bahan yang tebal, kalau perlu rangkap dengan pakaian lain. Berpakaian secara rangkap akan menjebak panas dalam tubuh. Karena itu, sebelum keluar rumah menuju tempat yang dingin atau disaat cuaca dingin, lindungilah diri dengan menggunakan kaos dalam, baju sweter atau jaket.
B. Menggunakan air hangat disaat yang dingin adalah tindakan yang cepat misalnya jika ingin mandi atau cuci tangan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus dalam keadaan hangat.
C. Berhentilah merokok, karena nikotin dalam rokok dapat mempersempit pembuluh-pembuluh darah yang kemudian akan membatasi aliran darah ke jemari.
D. Kurangilah garam dan makanan yang berlemak karena dapat menyebabkan tubuh dingin. Makanlah sayuran dalam jumlah banyak.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN

Untuk penyakit dingin, didaerah refleksi yang efektif terletak di lever, ginjal kiri, ginjal kanan, qi limpa lemah, anak ginjal kanan, anak ginjal kiri, meridian kandung kemih dan meridian limpa.
Titik kelelahan atau kecapekan yang berada diantara titik lengan kiri dan titik lever yaitu titik lelah berkhasiat bagi pengobatan penyakit dingin. Selain itu, lakukan pemijatan pada titik aqupuntur yangxi di bagian bawah pada balik telapak tangan atau di punggung kanan.

MENGATASI PENYAKIT DINGIN

1. 50 gram jahe, 20 butir merica, 60 gram temu lawak, gula secukupnya dan 10 butir angco/oco direbus dengan air secukupnya kemudian air rebusannya di minum hangat-hangat.
2. 15 gram bangle dan 15 gram jahe dipotong-potong lalu direbus dengan 500 cc air menjadi 250 cc kemudian airnya diminum hangat-hangat.

PUSING DAN TINITUS
Pusing dan tinnitus atau telinga berdenging seringkali datang bersamaan mendadak. Jika gejala ini muncul secara tiba-tiba, jangan menggerakkan tubuh dan bersikaplah tenang.
Penyebab dari pusing adalah karena daerah otak yang mengatur keseimbangan tubuh mengalami ganguan. Pilek, infeksi telinga tengah, kecelakaan yang mengenai kepala dan sumbatan pembuluh darah otak atau tumor otak merupakan contoh penyakit yang dapat menimbulkan pening dan pusing.
Perlu diingat bahwa pusing berbeda dengan sakit kepala. Pening atau pusing menunjukkan gejala seperti mabok kendaraan dan merasa berputar-putar, sedangkan sakit kepala ialah rasa sakit pada suatu tempat tertentu dikepala.
Terdapat beberapa macam pusing yaitu:
1. pusing sesaat, biasanya penderita tidak menyukai tempat-tempat tinggi dan penderita akan berpegangan erat-erat ketika turunnya.
2. pening yang berhubungan dengan posisi tubuh, seperti pada saat bangun tidur pagi atau dari posisi jongkok lalu berdiri. Penderita harus duduk terlebih dahulu sebelum berdiri tegak.
3. pusing yang termasuk parah diserati rasa mual dan indera pendengaran terganggu. Penderita ini harus beristirahat berminggu-minggu untuk menghilangkan pusingnya.
Tinitus disebabkan terutama oleh kelainan pada telinga dalam. Keadaan ini menyebabkan “meniere” yaitu rasa pusing yang berputar-putar. Kalau sudah demikian, rasa pusing dan tinitus di rasakan bersamaan dan sulit di sembuhkan.
Selain itu, hipertensi, lelah, gangguan pembuluh darah pada otak, gangguan menopause, anemia dan radang telinga tengah serta stress merupakan penyebab pusing dan tinitus.
Bila sering mengalami pusing dan tinitus yang disertai rasa kesemutan pada kaki dan tangan, lidah terasa kaku, kemungkinan telah mengidap penyakit lain yang cukup berat. Kalau sudah demikian, segeralah hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan mencari penyebabnya.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI REFLEKSI
TELAPAK TANGAN

Dalam ilmu pengobatan timur, disebutkan bahwa ginjal berpengaruh besar terhadap tinitus. Maka daerah refleksi untuk mengurangi tinitus dan pusing selain pada telinga kanan, telinga kiri, vertigo, titik shixuan ibu jari, ginjal kiri dan ginjal kanan juga harus di rangsang. Dengan demikian, rasa pusing dan tinitus akan hilang perlahan-lahan.

MENGATASI TELINGA BERDENGING
(TINITUS)

1. 20 gram ginkgo biloba (pak ko) disangrai sehingga kekuning-kuningan. Setelah dikupas, ginkgo biloba di haluskan menjadi bubuk. 5 gram bubuk ginkgo biloba di seduh dengan air mendidih secukupnya kemudian diminum hangat-hangat. Lakukanlah secara teratur.
2. 9-15 gram daun sambiloto segar dilumatkan, diperas lalu air perasannya di teteskan ke dalam telinga sebanyak 3 tetes.

Mungkin ini sedikit info aja dari penulis, mungkin tulisan ini akan kami lanjutkan dengan membahas tentang TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN UNTUK GANGUAN-GANGUAN KEJIWAAN.
Surabaya: 13
By juzzto

1 Komentar »

  1. omyosa Said:

    ASAM URAT, TRIGLESERIDA, DIABETES SEMBUH
    Ahmad Samsuri, Banjarbaru
    Pengalaman saya dengan OXY adalah sebagai berikut di usia 44 tahun ini penyakit yang hinggap di tubuh saya adalah Asam Urat, Trigliserida, Diabetes dan sering sakit pinggang. Setelah dikenalkan dengan OXY oleh teman saya di Semarang pada tanggal 22 Desember 2006. Saya mengkonsumsi OXY 2 (dua) botol perhari. Semua obat dikonsumsi sehari-hari saya hentikan. Setelah menghabiskan OXY 1 (satu) dos (24 botol), kembali saya periksa ke laboratorium. Hasilnya
    Diabetes dari 249 Mg/dl menjadi 130 Mg/dl
    Trigliserida dari 64 Mg/dl menjadi 81 Mg/dl
    Asam Urat dari 64 Mg/dl menjadi 48 Mg/dl
    Subhanallah, OXY memang terbukti hebat. Sejak itu saya terus mengkonsumsi OXY dan tidak ada lagi mengeluarkan biaya obat rutin sebesar Rp. 35.000,00 / hari
    Saya langsung menjadi member dan stockist OXY di kota saya berdomisili, Trims OXY

    STROKE SEMBUH
    KESAKSIAN OLEH : SYELINA PANDUU, KEL. TATAARAN II LING V KEC. TONDANO SELATAN MANADO SULAWESI SELATAN

    Saya mengalami stroke di badan sebelah kanan sejak September 2004. Sampai saat ini sudah menjelang 2 tahun saya berobat rutin ke dokter (obat seumur hidup). Penyakit yang saya derita adalah tekanan darah tinggi, penyempitan di hidung, anus, tenggorokan, sakit kepala, bengkak kedua kaki, panas di telinga, kencing sedikit. Saya sudah pasrah dengan penyakit yang saya derita. Minum obat atau tidak minum obat tetap penyakit yang saya rasakan belum ada perubahan. Untuk berobat ke dokter saya tidak punya uang lagi dan pada bulan Mei 2006 ada seorang ibu dari Makassar anak tetangga saya memperkenalkan OXY pada saya, lalu saya tertarik dan saya coba beli dan minum 1 botol setiap hari. Ternyata puji Tuhan baru botol ke enam saya minum, saya sudah merasakan perubahan, buang air besar yang tadinya terjepit dan anus sebelah kanan sekarang sudah lancar seperti biasa, dan penyakit dari dalam keluar semua lewat kencing. Setelah botol ke 16 saya minum, keluar lagi lewat hidung sebelah kanan seperti sum-sum. Penyumbatan di hidung tidak ada lagi, tekanan darah tinggi sudah normal, bengkak di kaki hilang, panas di telinga sudah sembuh, rambut rontok sudah bertumbuh lagi. Semua penyakit yang saya derita sudah sembuh total. Saya minum OXY baru 48 botol (48 hari), saya sudah berjalan seperti biasa. Terima kasih Tuhan sudah memberikan mujizat kesembuhan lewat OXY. Terima kasih kepada Ibu Sandra Palit yang datang dari Makassar memperkenalkan OXY pada saya. Terima kasih OXY air penyembuh.

    Kanker Payudara Disembuhkan
    RUSMINI, DUSUN SAROHA SIMPANG NAGA MAS DESA SEI TAMPANG KEC. SILAH HILIR KAB LABUHAN BATU
    Saya menderita kanker payudara sudah berobat kemana-mana tapi tidak ada yang berkurang sampai payudara saya bernanah dan bolong. Bulan Agustus 2006, adik saya kenalkan OXY pada saya dan setelah saya minum OXY belum ada 1 dos sudah terasa agak enak dan tanggal 08 September 2006 suami saya ke Kisaran langsung jadi member dan sekalian pasarkan di kampung dan ternyata lancar sekarang saya minum OXY gratis dan payudara sudah kering dan tidak bau lagi. Ternyata OXY sangat membantu saya. Bulan Desember 2006 kami akan menjadi Stockist. Terima kasih OXY memang mujarab

    BERBAGAI PENYAKIT SEMBUH BERKAT OXY (AIR MURNI BEROKSIGEN TINGGI)
    KESAKSIAN OLEH : SRI DAMIYATI, JL. KOL SUGIONO TAMAN PEMALANG

    Mulanya aku masuk menjadi member OXY hanya berpikir aku ingin sehat dan bisa membeli 1 dus OXY dengan harga Rp. 105.000,00 setiap bulan, tapi setelah kurasakan banyak teman yang tertarik ikut menjadi downline di bawahku dan mereka sekarang pada semangat dan getol, karena keunggulan dan fungsi OXY memang menyehatkan. Bahkan teman-teman dan saudara yang mencoba membeli dan meminum, penyakitnya bisa sembuh antara lain ada yang herpes, sakit tenggorokan, maag, liver, asam urat, pengapuran,kolesterol, tensi tinggi, gula, kencing batu, batu ginjal, bisa normal kembali. Aku tidak pernah berfikir untuk mendapatkan bonus dari perusahaan, yang kufikir hanya aku ingin sehat dengan keluargaku, akhirnya setiap bulan aku mengkonsumsi 2 dus OXY, dan sekarang aku sudah merasakan hasilnya, selain tambah sehat juga tambah rejeki dari Allah SWT, lantaran ikut member dan minum OXY. Matur Nuwun OXY.

    Kesaksian ini diposting kembali oleh “omyosa & yanti”, mudah-mudahan AIR BEROKSIGEN TINGGI OXY ini dapat dijadikan alternatif membantu penyembuhan berbagai penyakit.
    Terima kasih.
    omyosa, 08159927152
    yanti, 08129967520


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: