TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN UNTUK GANGGUAN- GANGGUAN KEJIWAAN

TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN UNTUK GANGGUAN- GANGGUAN KEJIWAAN

TERAPI REFLEKSI TELAPAK
TANGAN
UNTUK GANGGUAN-
GANGGUAN KEJIWAAN

Depresi merupakan suatu penyakit yang bersifat universal dan dapat menyerang siapa saja. Keadaan seseorang yang tak bersemangat dalam jangka waktu yang lama tanpa sebab-sebab yang jelas termasuk dalam kondisi depresi.
Depresi sebenarnya berarti tertekan atau terlindas. Selanjutnya, istilah depresi digunakan bagi penderita mereka yang tertekan jiwanya, murung terus-menerus, dan tak bersemangat. Depresi cenderung lebih banyak menyerang kaum wanita dan daripada kaum pria. Orang yang semakin tua juga mudah dilanda depresi.
Bila dilanda kemurungan yang berkepanjangan, seseorang harus membebaskan dirinya sendiri. Kemurungan ini sebenarnya depresi ringan, tetapi walaupun dalam bentuk ringan, depresi akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan menimbulkan berbagai gejala kejiwaan, seperti insomnia, tidak nafsu makan, dan konsentrasi serta semangat hidup menurun. Semua ini akan mempengaruhi penampilan fisik orang yang mengalaminya—biasanya penampilannya manjadi lesu.

PENYEBAB
Depresi timbul sebagai reaksi terhadap suatu tekanan perasaan yang berperan sebagai pencetus utama. Tekanan perasaan ini sering kali dikarenakan kehilangan sesuatu seperti :
• Kehilangan orang yang sangat dekat/ penting, misalnya : kematian anggota keluarga, kehilangan / kamatian kekasih, berpisah dengan teman dekat / sahabat, perceraian dalam perkawinan;
• Kehilangan uang atau materi, misalnya : rumah atau perusahaan musnah terbakar atau mengalami kebangkrutan dalam usaha;
• Kehilangan prestise, status, dan kedudukan, misalnya : dikeluarkan dari pekerjaan atau terlibat dalam suatu perkara sehingga nama baik tercemar dan sebagainya.

Semua pemicu depresi tersebut menyebabkan kekecewaan yang mendalam atau dengan kata lain tidak bisa menerima kenyataan yang sebenarnya. Misalnya, kekecewaan karena kegagalan pernikahan. Perasaan ini timbul karena pasangan merasa telah ditinggalkan dan membuat aib bagi keluarganya. Rasa frustasi atau kekecewaan yang sangat berat inilah yang kemudian mengakibatkan depresi.
Kenyataan buruk yang menimpa membuat seseorang merasa menjadi orang yang paling malang di dunia, merasa dunia telah berlaku tidak adil terhadapnya; bahkan orang yang depresi terkadang menyalahkan Tuhan. Kondisi ini selanjutnya juga akan menyeret kepada perasaan membenci diri sendiri, mengutuk diri sendiri, dan merasa sebagai mahluk yang paling sial. Jika hal ini dialami terus menerus hampir dapat dipastikan seseorang itu akan mengalami depresi. Jika sudah demikian, akan timbul perasaan selalu ingin menangis, berdiam diri, atau mungkin ingin bunuh diri.
Selain membenci diri sendiri, nasib buruk juga akan dapat menimbulkan perasaan kasihan terhadap diri sendiri karena yang diharapkan tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga timbul perasaan terluka dan marah. Rasa kasihan terhadap diri sendiri ini menyebabkan depresi semakin dalam.
Untuk menghindari depresi ini, cobalah selalu berpikir positif, antara lain dengan keyakinan bahwa kemalangan yang telah menimpa merupakan fase kehidupan yang harus dijalani dan pasti berlalu dan dapat teratasi, makin cepat timbul kesadaran ini, akan makin cepat pula seseorang keluar dari depresinya.
Hal lain yang mengakibatkan depresi adalah rasa kasihan terhadap kemalangan diluar diri sendiri atau kepada orang lain. Penderitaan didunia ini memang tak pernah berhenti. Kalau diperhatikan, orang yang menderita di dunia ini sangat banyak dan tak terhitung jumlahnya. Rasa sakit hati atau kemalangan orang lain memang merupakan kenyataan yang menyedihkan. Hal ini seringkali menimbulkan rasa kasihan melihat nasib mereka.
Namun, walau bagaimanapun seiring berjalannya waktu depresi akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi sebaiknya depresi ini juga harus secepatnya diusahakan penyembuhannya. Jangan berputus asa. Ikutilah berbagai kegiatan positif yang menyenangkan membuat melupan kesedihan. Ada baiknya melakukan refreshing atau rekreasi bersama orang dekat. Dengan demikian, suatu saat nanti, penderita depresi akan tinggal menjadi sejarah yang tentu saja untuk dapat diambil hikmahnya.
Jika depresi sangat sulit diatasi, sebaiknya hubungi psikiater atau psikiolog untuk menceritakan masalah yang dihadapi dan mencari jalan keluarnya.

MENGATASI DEPRESI
Selain depresi ringan, dikenal juga depresi dalam, yaitu depresi yang lebih mendalam dari pada rasa murung biasa. Jenis depresi ini dikenal sebagai depresi klinis yang melanda banyak orang dalam waktu tertentu selama kehidupan mereka. Gejala somatis yang biasa timbul pada depresi mendalam adalah sulit tidur atau banyak tidur, tidak nafsu makan atau banyak makan, mudah lelah, gangguan pencernaan, mual, perut perih, sulit buang air besar, diare, sakit kepala, sesak nafas, nyeri jantung, detak jantung abnormal, nyeri dipunggung atau dileher, impotensi, frigiditas, ganguan libido/hasrat seksual, gangguan menstruasi, suara menjadi rendah dan lain-lainnya.
Sedangkan gejala emosional pada penderita depresi antara lain merasa sedih, merasa rendah diri, merasa bersalah, merasa tak mampu berbuat sesuatu, apatis, ingin bunuh diri, konsentrasi kurang, gelisah, tekanan, mudah tersinggung, panic dan takut mati.
Untuk mengatasi depresi/kemurungan, ada baiknya menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan. Disamping itu, utarakanlah masalah yang dihadapi kepada orang lain yang dianggap dekat. Mengubah acara rutin juga dapat mengatasi kejenuhan atau stress yang menyebabkan depresi.
Selain itu juga, alcohol juga harus dihindari karena alcohol merupakan salah satu penyebab depresi. Semakin banyak meminum alcohol, semakin buruk depresinya.
1. 30 gram kim cim direbus dengan air secukupnya kemudian minum hangat-hangat.
2. 100 gram tempe yang sudah dihaluskan, wortel secukupnya (dipotong-potong kecil), dan kacang polong secukupnya dimasak sesuai selera kemudian dimakan. Lakukanlah secara teratur.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN

Cara lain yang cukup efektif untuk meredakan depresi dapat dilakukan terapi refleksi telapak tangan. Daerah refleksi yang efektif terletak pada limpa, kelenjar hormon, hati cemas,lelah dan kelelahan. Bagi penderita depresi yang disertai kelelahan fisik, lakukan istirahat yang cukup dan jangan lupa makan teratur.

MUDAH TERSINGGUNG

Setiap manusia normal mempunyaim kadar emosi dalam kehidupannya. Emosi itu menyangkut berbagai perasaan, seperti: sedih, kecewa, senang, bahagia, terharu, tersinggung dan lain-lain.
Orang yang mudah tersinggung memang sangat sensitive terhadap orang orang di sekeliling, bahkan sikap tersinggungnya dapat berlangsung selama 24 jam, baik di tempat kerja, dirumah sendiri, atau diperjalanan. Masalah sepele atau salah faham sudah bisa mencetuskan perasaan tersinggung itu mungkin akan dilampiaskan dengan cara marah kepada orang-orang sekelilingnya. Jelas hal ini dapat merusak suasana. Dalam keadaan normal, seseorang tadi bisa menanggapi kritik orang lain dengan baik, tetapi dalam keadaan cemas, ia akan mudah tersinggung, marah, atau mengucapkan kata-kata kasar. Pada saat selanjutnya, ketika emosi mereda, datanglah rasa menyesal.
Seseorang yang kehidupannya penuh tekanan akan lebih mudah tersinggung di bandingkan orang-orang yang kehidupannya harmonis. Tekanan dalam kehidupan akan memungkinkan untuk berfikir negative terhadap orang lain. Keadaan ini membuat orang lain menjadi enggan bergaul dengan orang tadi.
Meskipun identik dengan stress, perasaan tersinggung belum berarti stress, bila rasa tersinggung ini sudah semakin parah sehingga sampai pada kategori stress.
RELAKSASI DAN REFLEKSI
untuk mengatasi rasa tersinggung yang berlebihan, lakukanlah teknik relaksasi. Teknik relaksasi sangat membantu dalam mengatasi ganguan emosi. Untuk mendapatkan efek maksimal, sebelum melakukan relaksasi sebaiknya mandilah dengan air hangat.
Relaksai yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Tegangnya otot-otot tangan dengan cara mengepalkan kedua tangan. Pertahankan keadaan ini selama setengah menit. Jika kepalan tangan telah mengendur, cobalah kencangkan lagi. Perlahan-lahan, bukalah kepalan tangan dan biarkan otot-otot relaks. Kalau masih ada ketegangan ditangan, kepalkan tangan lagi kemudian kendurkan perlahan-lahan. Begitu seterusnya. Setelah maksimal melakukannya, tangan akan terasa relaks dan enteng. Selanjutnya, tegangakan lengan dan bahu dengan cara menekuknya, kemudian tangan kanan dan kiri dibelakang kepala keadaan saling memegang. Pertahankan posisi ini selama satu menit, kemudian lepaskan.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN
Selain relaksasi, terapi refleksi telapak tangan juga cukup efektif untuk mengatasi rasa mudah tersinggung dan stres. Dalam terapi ini, sasaran terapinya terutama pada lambung, prostat, buah zakar, rahim/prostate, hiperteroid(kelenjar gondok), kelelahan dan lever.
Saat merasa tersinggung, rangsanglah daerah tersebut dalam beberapa menit. Dengan demikian, emosi akan berkurang perlahan-lahan. Selain itu, beristirahatlah yang cukup dan alihkan emosi kepada hal lain dengan berfikir secara positif, rileks, dan bersyukur serta dikonsumsikan makanan yang mengandung cukup gizi secara seimbang.
GANGGUAN FISIOLOGIS
Sakit dan gangguan fisiologis biasanya dilami oleh wanita. Gangguan ini dampak psikiologis wanita di saat menghadapi situasi tertentu. Umumnya gangguan ini muncul saat menjelang haid, masa menopause, atau masa kehamilan. Di saat itu wanita mengalami ketidak seimbangan hormon sehingga berbagai rasa sakit akan diderita, seperti kelainan pada bagian bawah perut, sakit kepala, demam, dan kelelahan. Semua keadaan ini diperparah oleh keadaan yang sensitive. Wanita lebih jadi murung, mudah tersinggung, pemarah dan sering sedih. Sebenarnya berbagai perasaan tersebut tidak perlu ada. Hadapi saja semua sebagai mestinya. Perasaan relaks akan menjauhkan diri dari berbagai gangguan.
Gangguan fisiologis juga dapat dialami oleh orang yang merasa terguncang akibat suatu musibah, misalnya karena famili atau anggota keluarga meninggal dunia, kecelakaan, atau terkena penyakit berat. Jadi, memang pada dasarnya gangguan ini disebabkan oleh faktor-faktor dari dalam jiwa atau faktor psikiologis. Oleh karena itu, wanita lebih sering mengalami gangguan fisiologis karena lebih peka dan lebih sensitif di banding pria.
Wanita yang baru putus cinta juga mudah mengalami gangguan fisiologis. Perasaan sakit hati dan berbagai fikiran buruk akan memperparah gangguan fisiologis, antara lain ia akan menjadi malas makan dan malas beraktivitas sehingga lambat laun akan menggangu oragan tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit.
MENGATASI GANGGUAN FISIOLOGIS

Untuk mengatasi ganguan fisiologis, harus dicapai kondisi yang relaks kerena antara tubuh dan fikiran saling mempengaruhi. Pikiran yang terlalu sensitif kerap menimbulkan gangguan meskipun bukan berarti fikiran yang terlalu bebas adalah baik.
Wanita yang sedang mengalami haid, hamil, memasuki masa menopause, atau ketika mengalami guncanagan, sebaiknya berusaha untuk berfikir lebih tenang. Pikiran yang tenang akan membuat sekresi hormon bekerja dengan baik dan seimbang sehingga tidak akan terjadi gangguan fisiologis. Selain itu, tetap perhatikan pengkonsumsian makanan dengan gizi yang baik dan seimbang, di tambah dengan buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Lakukanlah olahraga untuk menstabilkan emosi. Dengan demikian, daya tahan tubuh akan tetap terjaga dan akan jauh dari pikiran negative.
Jika mengalami demam dan sakit pada bagian bawah perut, minumlah obat untuk mengurangi rasa sakit tersebut sesuai dosis dan jangan lupa untuk beristirahat.
Mengurangi konsumsi air merupakan langkah dianjurkan untuk meredakan sindrom /gangguan karena dapat mengurangi terjadinya proses penimbunan cairan dalam tubuh. Akan tetapi, pengurangan ini jangan terlalu banyak karena walau bagaimanapun air merupakan unsur penting dalam kehidupan. Konsumsi garam juga perlu dikurangi atau kalau perlu konsumsi makanan tanpa garam.
Tetapi dengan menggunakan vitamin B6 sangat dianjurkan karena terbukti dapat meredakan sakit kepala dan depresi akibat gangguan fisiologis. Bahan makanan yang alami mengandung vitamin B6 antara lain: hati, kacang merah, ikan segar, pisang, alpokat, kacang tanah dan kenari.
Untuk mengatasi gangguan fisiologis, lakukanlah Yoga atau relaksasi. Berlatih Yoga dapat membantu mengurangi nyeri otot, nyeri sendi dan sakit punggung bagian bawah, kelelahan dan kelesuan yang sering kali diderita, termasuk mengurangi rasa tersinggung dan jengkel. Hal ini sama juga dihasilkan oleh teknik relaksasi.
Dalam mengatasi gangguan fisiologis, jangan menggunakan obat penenang. Meskipun dapat membantu, obat penenang juga dapat menyebabkan terhambatnya fungsi otak, termasuk emosi.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN

Daerah refleksi untuk gangguan fisiologis terletak pada bagian anak ginjal kiri, anak ginjal kanan, rahim/prostate, tulang ruas pinggang, hati cemas dan kelenjar hormone.
Jika dilakukan setiap hari, perangsangan pada bagian tersebut akan berkhasiat menormalkan sekresi hormon sehingga kegelisahan akibat gangguan fisiologis akan beransur-angsur hilang.

1. 15 gram jinten, 50 gram bangle dan 15 gram seledri kecil diblender dengan air secukupnya kemudian diminum. Lakukanlah secara teratur.

INSOMNIA

Insomnia merupakan ganguan atau kesulita tidur, baik terhadap lamanya tidur maupun kelelapan tidur. Ini merupakan banyak dialami orang. Sekitar 20% manusia dewasa yang sehat mengalami insomnia. Walaupun demikian, bagi penderita insomnia keadaan ini sangat menyiksa karena tidur merupakan kebutuhan mutlak setelah melakukan berbagai aktivitas. Dapat dibayangkan bagaimana rasanya ketika tubuh lelah setelah seharian bekerja namun tidak dapat tidur. Tentu saja keadaan ini sangat menjengkelkan.
Kebutuhan tidur pada malam hari bukan saja menjauhkan diri dari lingkungan yang berbahaya tetapi juga memenuhi kebutuhan untuk istirahat dan menyimpan energi. Ini merupakan fungsi biologis pembawaan sejak lahir. Sejak bayi, manusia membutuhakan waktu untuk tidur dalam siklus waktu 24 jam. Berarti kebutuhan tidur itu merupakan salah satu upaya manusia demi kelangsungan hidupnya.
Dengan bertambahnya usia seseorang, otomatis pola tidur akan berubah. Bila sering terjaga sepanjang malam, kesempatan tidur akan semakin sebentar dan jarang masuk kepada tahap yang lelap bahkan digantikan dengan dengan lebih sering terbangun. Ini merupakan gejala insomnia yang alamiah.
Sebagian orang dewasa tidak dapat memahami mengapa mereka sulit tidur. Mereka merasa berbaring diatas tempat tidur sepanjang malam.
Pada umumnya penderita insomnia adalah orang yang serius dan tipe pemikir yang mempunyai tanggung jawab tinggi. Selain itu insomnia juga sering diderita oleh penderita penyakit tertentu, seperti hipertensi, penyakit jantung dan diabetes.
Insomnia bukanlah suatu penyakit. Bagi para dokter, insomnia hanya merupakan gejala yang mendasari adanya penyakit. Sesungguhnya insomnia meruapakan gejala yang subyektif dan tidak dapat diketahui alat ukur untuk mengetahui seberapa buruk kadarnya.
Insomnia ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni tidur berbolak-balik(gelisah), tidur ayam/tidur tidak lelap, dan banyak mimpi. Ini disebabkan oleh pikiran yang tidak tenang dan rasa tegang. Untuk mengatasi hal ini, jangan melarikan diri kepada obat-obatan karena akan mengakibatkan ketergantungan.

PENYEBAB INSOMNIA

Umumnya insomnia disebabkan oleh faktor-faktor psikiologis, disamping dapat dipengaruhi juga oleh lingkungan dan pola hidup.
Berikut ini adalah beberapa penyebab insomnia:
1. Insomnia semu. Insomnia semu merupakan penyebab paling umum gangguan insomnia yang dialami oleh masyarakat. Penderita insomnia ini telah kehilangan kepercayaan untuk tidur dan ketika hari mulai malam mereka menjadi cemas karena menduga tidak dapat tidur. Mereka mengalami insomnia ditempat tidur sehingga menjadi fopia terhadap tempat tidur. Akan tetapi, uniknya mereka bisa tidur di sofa, dilantai, didepan televise atau dimana saja kecuali ditempat tidur.
2. emosi. Insomnia ini disebabkan oleh emosi. Emosi yang berkaitan dengan kecemasan, stress, dan khawatir tentang apa yang akan terjadi merupakan penyebab insomnia yang khas. Stress merupakan penyebab umum insomnia namun ini hanya bersifat sementara karena jika emosi sudah normal, insomnia tidak akan diderita lagi.
3. sakit. Selama hidup tentu seseorang pernah mengalami sakit, entah itu sakit gigi, sakit mata, sakit kepala, sakit lambung atau sakit lainnya. Rasa sakit yang dirasakan berlarut-larut akan menyebabkan aktivitas buruk. Kesulitan tidur karena sakit karena itu demikian menggangu sehingga menyebabkan insomnia.
4. obat. Mereka yang terbiasa minum obat untuk mempercepat datangnya rasa kantuk akan mengalami insomnia jika tidak meminumnya. Kemampuan untuk tidur menjadi hilang bila dalam satu malam tidak menelan obat tidur karena timbul sugesti bahwa hanya obat itu yang dapat menghilangkan insomnia. Jika pemakaian obat dihentikan, secara perlahan-lahan pola tidur akan normal kembali.
5. mengantuk berlebihan pada siang hari. Ada insomnia yang disebabkan oleh rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari. Rasa kantuk ini membuat mudah tertidur pada siang hari dan kesulitan tidur pada malam hari. Keluhann ini normal karena jika mereka bisa menahan kantuknya disiang hari, tidak akan sulit untuk tidur di malam hari.
6. gangguan mental. Orang yang menderita gangguan mental hampir dapat dipastikan menderita insomnia. Mereka tidak mempunyai kemampuan untuk tidur malam dan menggantikannya dengan kegiatan lain. Biasanya mereka sering mondar-mandir, menonton televise atau sibuk dengan pikirannya sendiri.

Insomnia berkepanjangan tentu saja harus segera diatasi. Orang yang kehilangan kemampuan tidur malam dan selama tidurnya tidak nyenyak telah mengalami gangguan mekanisme tidur. Untuk itu, sebaiknya dapat dilakukan beberapa hal berikut ini
A. .Bebaskan pikiran ini dari ketegangan yang menyebabkan stress. Kalau pikiran itu terus membayangi, usahakan agar pikiran yang tegang jangan dibawa sampai tidur. Jika tidak mampu melakukannya, carilah kegiatan yang bisa mendatangkan kantuk, seperti membaca bacaan yang ringan.
B. harus diingat untuk tidak mengkonsumsi obat tidur atau oabt penenang. Efek ketergantungan ini bisa menurunkan daya pikir atau menghambat fungsi otak.
C. bagi penderita gangguan tidur akibat rasa sakit, seperti sakit gigi atau sakit kepala, minumlah obat untuk meredakan sakit itu sesuai dosis yang di anjurkan.
D. untuk menghindari dan memperkecil kesulitan tidur, sebaiknya jangan terlalu banyak tidur pada siang hari. Tidur siang sebaiknya maksimal 30 menit. Tidur pada siang hari membuat mekanisme tidur pada malam hari terganggu.
E. biasakan tidur malam dan bangun tidur pada pagi hari secara teratur.
F. makanan juga berpengaruh pada mekanisme tidur. Untuk itu, konsumsilah makanan secara bervariasi dan cukup gizi serta seimbang seperti: makanan yang mengandung vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B compleks, vitamin C, mineral, protein, kalsium,fosfor dan zat besi.
G. bahan makanan /makanan yang dinjurkan untuk dikonsumsi antara lain adalah lengkeng, rumpur laut, labu keuning/labu parang, kentang, biji pala, kayu manis, havermut, biji teratai dan kedelai.
H. melakukan olahraga secara teratur dan terukur akan memperbaiki mutu tidur malam tetapi jangan berolahraga pada malam hari karena justru akan membuat sulit tidur.
I. hindarilah makan dan minuman yang menimbulkan rangsangan seperti the, soda,cokelat dan rokok, terutama 6 jam sebelum tidur.
J. cara lain untuk mengundand rasa ingin tidur atau mendantangkan kantuk adalah dengan menciptakan suasanan kamar tidur yang nyaman. Pilihlah sprei panjang dan sarung bantal dengan warna-warna yang lembut. Penerangan dalam kamar jangan terlalu terang atau silau karena hanya menyebabkan sulit terpejam. Janag meletakkan/ menempalakan gambar yang menyeramkan karena akan menimbulakan fantasi buruk sehingga akan menyulitkan tidur.
K. kamar tidur sebaiknnya memiliki jendela untuk memudahkan sirkulasi udara tetapi kalau kamar tidur tidak memungkinkan untuk dipasang jendela, lebih baik diberi lubang angin atau kisi-kisi dan sediakan kipas untuk mengusir hawa panas pada malam hari.
L. kalau penderita insomnia terus berkepanjangan, segeralah periksakan diri ke dokter atau psikiater dan telitilah penyebab timbulnya insomnia.

PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN

Selain hal diatas terapi refleksi telapak tangan akan membantu insomnia jika dilakukan secara rutin.
Daerah refleksi yang efektif terletak disampig pangkal telunjuk yaitu daerah insomnia dan disamping pangkal telunjuk yaitu daerah insomnia dan banyak mimpi/menopause. Selain itu, lakukan pula perangsangan sekaligus pada zona hiperteroid, lever, lelah dan lever.
a. 1 buah pisang yang telah dibuang kulitnya dan dipotong-potong, havermut secukupnya dan 2 sendok makan madu serta susu dimasak sampai matang kemudian dimakan. Lakukanlah secara teratur.
b. 100 gram daun kacang tanah segar direbus dengan air secukupnya kemudian air rebusannya diminum hangat-hangat.
c. 10-15 gram tanaman sawi langit kering atau 30-60 gram tanaman sawi langit segar direbus dengan air secukupnya hingga tersisa satu gelas kemudian diminum hangat-hangat. Lakukanlah secara teratur 2 kali sehari.

Demikianalah kiranya cukup dulu, pembahasan tentang TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN UNTUK GANGGUAN –GANGUAN KEJIWAAN mungkin bila ada kesalahan dalam penulisan, penulis minta maaf yang sebesar-besarnya dan mungkin akan kami lanjutkan pembahasan tentang TERAPI REFLEKSI TELAPAK TANGAN UNTUK KECANTIKAN DAN GANGGUAN PENUAAN.

SURABAYA: 13

BY JUZZTO

Note: “terima kasih kepada sahabat-sahabatku di room 13 yang telah mendukung dan terlaksana acara ini”

2 Komentar »

  1. radit74 Said:

    Blog Yang Keren dan Pembahsan yang bagus juga…seep mantap. Tapi saya agak kebinguna

  2. juzzto Said:

    kalau bingung baca aja dulu pelan-pelan bro, nanti kamu akan faham.. klu belum faham lagi tanya aja lansung di JUZZTO82@yahoo.com


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: